Rabu, 11 Februari 2015

on 1 comment

Perkembangan Teknologi Komunikasi Menjangkit sebagai Wabah Akut


Bukan lagi sesuatu yang tabuh saat seseorang berbicara dan tertawa sendiri dalam kesadarannya. Kini manusia tak bisa dijauhkan dengan penggunaan media teknologi komunikasi, peranannya sudah menjadi kebutuhan primer bagi kepentingan manusia dalam mencapai tujuan.

Everett M Rogers dalam buku diffusion and inovatioan (1993) ”teknologi dirancang untuk menggerakan peralatan guna mengurangi ketidak pastian dalam hubungan sebab akibat, termasuk didalamnya untuk mencapai yang dikehendaki”
Dalam buku communication technology (1986) disebutkan ”teknologi biasanya terdiri dari 2 aspek

(a) perangkat keras, maksudnya objek materi dan sifatnya

(b)perangkat lunak, maksudnya dasar informasi untuk meggerakkan perangkat keras itu”


Di era sekarang, teknologi sangat erat kaitannya dengan Internet. Perkembangan internet itu sangat mempengaruhi kehidupan sosial serta cara berkomunikasi seseorang. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Marshall McLuhan melalui bukunya Understanding Media, telah mengemukakan sebuah konsep, yakni pada masanya perkembangan teknologi komunikasi akan memicu dunia ini menjadi sebuah global village (desa global). Konsep yang dijelaskan oleh Marshall McLuhan memaparkan bahwa tidak ada lagi pembatasan, baik dari sisi waktu maupun tempat dalam komunikasi. Semuanya akan sangat mudah ditempuh dengan berbagai teknologi, khususnya internet. Jauhnya jarak tak lagi menjadi penghalang bagi manusia dalam bertukar informasi.

Di sisi lain, perkembangan teknologi komunikasi juga berakibat buruk bagi keberadaan manusia, dimana peranan manusia tergeserkan oleh pemberdayaan mesin sebagai pengganti tenaga manusia. Fenomena ini mewakili istilah dehumanisasi.

Dehumanisasi merupakan suatu proses yang menjadikan manusia tidak sesuai dengan kodratnya sebagai manusia, melainkan hanya bisa menirukan atau melaksanakan sesuatu yang di ukur dengan apa yang di milikinya dalam bentuk tertentu, atau bisa disebut juga penghilangan harkat martabat manusia. Disebutkan pula bahwa dehumanisasi yaitu menurunnya nilai-nilai kemanusiaan yang biasanya timbul akibat dampak negatif pembangunan.

Akutnya wabah perkembangan teknologi komunikasi menjangkit seluruh lapisan manusia, dengan membawa berbagai keuntungan-keuntungan yang disuguhkkan dan tak terhindar juga dari sisi negatif yang mengiringi keberadaannya.

1 komentar: